4

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh LTIQ As-syifa Al-Khoeriyyah yang berorientasi pada Al-Qur’an sebagai materi/bahan ajar utama yang diberikan kepada para santri. Tujuannya adalah agar para santri memiliki hafalan 30 juz dengan lancar dan benar dalam waktu dua sampai tiga tahun. Selain itu, para santri dituntut untuk memahami dan mengaplikasikan kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, Kurikulum LTIQ bertujuan menjadikan peserta didik atau santri menjadi dai yang hafal, memahami, mengamalkan dan menyebarkan nilai-nilai agung  Al-Qur’an. Selama pendidikan santri fokus mengikuti berbagai program yang mendukung tujuan pendidikan, diantaranya setiap santri wajib mengikuti program tahsin dan dirosah selama tiga bulan awal. Ini diharapkan para santri memiliki bekal keilmuan dan kemampuan dalam meneruskan pendidikan lanjutan yakni, tahfidz Al-Qur’an. Selama tiga bulan awal, para santri ditempa dan dibekali materi dirosah Islamiyah: hadist, fiqih, tafsir, sirah dan staqafah lainnya. Setiap tahap proses pendidikan, perkembangan para santri dievaluasi agar memenuhi target yang diharapkan.

Tahap selanjutnya, para santri wajib menghafal 10 juz dalam Al-Qur’an pada setiap tahunnya. Sehingga selama dua tahun para santri mencapai target hafalan 20 juz. Dan pada tahun ketiga pendidikan, para santri telah hafal 30 juz. Selain itu, para santri pada tahun ketiga ditempa untuk mengikuti program pengabdian yang ditempatkan di internal Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah maupun lembaga lainnya. Dengan demikian, lulusan LTIQ As-Syifa memiliki bekal yang dapat diterapkan selanjutnya.

Program kurikulum

  1. Tahsin tilawah 2 bulan pertama
  2. Dirosah Islamiyah 3 bulan pertama
  3. Tilawah 10x khatam dalam tiga bulan pertama
  4. Tahfidz Al-Qur’an
  5. Ujian kenaikan juz
  6. Ujian 5 juz setiap semester
  7. Ujian semester
  8. Ujian akhir pelajaran
  9. Muroja’ah jama’i
  10. Ujian muroja’ah tiap juz
  11. Kajian ahad
  12. Kajian keakhwatan
  13. Khidmat/pengabdian
  14. Muroja’ah tsunai
  15. Tarbiyah Islamiyah
  16. Haflah Al-Qur’an
  17. CCQ (Cerdas Cermat Al-Qur’an)
  18. Training Motivasi
  19. Qiyamul lail berjama’ah
  20. Khotmil Al-Qur’an/ Wisuda
  21. Libur semester
  22. Mukhoyam Al-Qur’an

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *